Sejarah Pekerjaan Sosial Amerika Serikat

Oleh: Untung Tri Winarso, M.Si.

 

Sejarah pekerjaan sosial sebagai profesi di Amerika dimulai pada 1989 yang ditandai dengan pendidikan formal pertama berbentuk kursus di Universitas Columbia pada Juni 1989 selama enam minggu. Dalam referensi lain pendidikan ini diselenggarakan untuk New York Charity Organization Society. Mulai saat itulah pekerja sosial diakui sebagai profesi.

Periode awal

Pada akhir abad 19, pekerjaan sosial di Amerika sangat dipengaruhi oleh nilai amal yang berakar kuat dari Alkitab dan agama. Dasar lainnya adalah UU kemiskinan  (The Elizabethan Poor Law,1601) yang cenderung berorietasi moralistik, paternalistik, dan tidak terorganisir. Hal ini ditandai dengan berdirinya berbagai organisasi yang mempunyai fokus pada kesejahteraan sosial, seperti New York Society for the Prevention of Pauperism (1818), Assosiation for Improving the Conditions of the Poor (1840-an), dan American Social Science Association (1865) yang menginisisasi  National Conference of Charities (1874). Sedangkan organisasi amal (charity) pertama berdiri 1877 oleh S. Humphreys Gurteen yang bernama Charity Organization Society (COS) di Buffalo, New York yang berkonsentrasi pada pertolongan pada kemiskinan yang merata akibat diskriminasi dan kekacauan akibat Perang Dunia I dan mereka mengabdikan diri pada penanggulangan pemiskinan (Lubove,1965).

Pada 1889 berdiri Settlement house/hull house yang didirikan oleh Jane Addams (1860-1935) dan Ellen Gates di Chicago, Chicago Commons didirikan oleh Graham Taylor (1894), Boston Andonover oleh Robert Woods (1891), dan New York’s Henry Street Settlement oleh Lilian Wald (1893). Misi mereka mengkombinasikan antara advokasi dan pelayanan sosial untuk merespon ketidakstabilan sosial akibat industrialisasi yang meraja lela dan urbanisasi, serta gelombang imigrasi ke Amerika pada awal abad 19. Programnya ialah mendirikan boarding club bagi wanita, program pelayanan harian, dapur umum, dan penerbitan.

Jane Addams mampu merubah kondisi sosial salahsatunya dengan reformasi politik, ia juga pernah menjabat sebagai President National Conference of Charities and Correction wanita pertama. Ia adalah salah satu wanita-wanita yang pertama untuk menerima penghargaan Nobel Peace, yang dianugerahkan pada 1931 (Hoover, 1986; Lundblad, 1995). Pendirian rumah penampungan juga berkembang pada komunitas kulit hitam diawali oleh Sarah Fernandis (1863-1951). Fokusnya pada pelayanan kesehatan, pendidikan bagi komunitas kulit hitam.

Misi utama periode awal ini ialah mengorganisasikan bantuan dan menjawab masalah kemiskinan. Tugas utamanya adalah upaya paternalistik untuk memberdayakan kaum miskin agar dapat hidup layak.

Periode Tengah

Memasuki abad 20 terjadi pergeseran dalam nilai dan konsentrasi, yaitu pada peningkatan moral orang miskin yang menjadi penyebab masalah dan memberikan bimbingan. Perhatian pekerja sosial era progresif awal abad 20 diarahkan pada masalah-masalah yang lebih luas dalam masyarakat. Misi utamanya adalah mengatasi masalah yang disebabkan reformasi sosial yang terkait dengan perumahan, kesehatan, sanitasi, lapangan kerja, dan pendidikan.

Masa perkembangan ini dikenal juga dengan masa Great Depression pada kurun waktu 1930-an. Pada masa itu terkenal dengan masa krisis sosial-ekonomi akibat Perang Dunia II di Amerika. Pengangguran dan kemiskinan menjadi masalah sosial.  Sebagian besar dalam profesi masih menekankan pada pekerjaan teraputik dengan penekanan pada perubahan individu, seperti terapi medis dengan psikologis dan penanganan problem sosial.

Sebaliknya praktisi lain memusatkan pekerjaannya pada peningkatan kesejahteraan publik dan program-program lain. Dua tokoh yang mempeloporinya yaitu, harry Hopkins (1890-1946) dan Frances Perkins (1880-1965). Keduanya memberi inspirasi bagi Presiden Franklin D. Roosevelt untuk membuat Undang-undang recovery and reform dan mengajukan kepada Konggres Amerika. Kebanyakan dari program-programnya terfokus pada jaminan sosial (social security) yang dibayar dari potongan cek gaji pekerja, jaminan sosial memastikan bahwa orang-orang yang pensiun menerima suatu pendapatan bulanan dan juga menyediakan asuransi bagi pengangguran, asuransi bagi penderita cacat, dan bentuk-bentuk bantuan lain. Perkins membuat garis-garis besar Undang-undang New Deal pada 194-0an, dan dia adalah wanita pertama yang masuk dalam jajaran kabinet pada kabinet Roosevelt.

Presiden-presiden Amerika lain setelah Roosevelt, terutama sekali Lyndon Johnson pada 1960-an juga menetapkan kebijakan serupa termasuk program kesehatan, food stamp, dan perumahan publik, yang dibangun dengan biaya pemerintah pusat untuk orang-orang yang berpendapatan rendah. Hingga akhirnya program ini sampai 2004 dengan program Families With Dependent Children (AFDC).

 

Periode Akhir

Pasca Perang Dunia II, antara 1940-an sampai dengan 1950-an isu kesejahteraan individu menjadi lebih menarik daripada kesejahteraan masyarakat. Pada periode ini di AS terdapat kecenderungan pekerja sosial untuk lebih meningkatkan diri ke arah praktik pribadi, yang berarti mulai meninggalkan kepentingan masyarakat. Terutama dengan metode casework (Goldstein,1973). Fokus utamanya ialah pada dimensi moral dan etika pekerja sosial.

Memasuki dekade 1950-an sampai 1960-an, orientasi pekerja sosial di AS kembali pada isu kesejahteraan masyarakat. Diawali oleh Bertha Copen Reynolds (1885-1978) dengan melakukan advokasi pada kelompok yang tertindas pada 1950-an. Pada 1960-an, Whitney M.M Young (1921-1971) peraih penghargaan Medal of Freedom pada 1968 dan Presiden NASW (1966) mempelopori pekerja sosial untuk membela hak-hak sipil, terutama pendidikan dan kesehatan kaum miskin, serta reformasi sosial terutama pada perbaikan pelayanan publik. Pada periode ini pekerja sosial mempunyai fokus pada keadilan sosial, hak-hak sipil, dan reformasi sosial.

Pada dekade 1980-an isu perdamaian dan lingkungan menjadi tema utama. Pada periode selanjutnya sampai sekarang demokrasi, HAM, lingkungan dan perdamaian masih menjadi misi utama pekerja sosial di Amerika.

 

Organisasi Profesi

Pada 1955, organisasi nasional pekerja sosial AS berdiri dengan nama National Association of Social Workers (NASW) yang mewadahi pekerja sosial dari beberapa negara bagian. Organisasi ini berdiri untuk mendukung dan menyediakan sumber daya praktisi pekerja sosial, mempromosikan pengembangan profesi, menentukan standar praktik dan code etik, dan mempromosikan kemanusiaan dan nilai pekerja sosial. Pendirian NASW juga menandai diterimanya nilai dan kode etik pekerja sosial.

Organisasi lainnya adalah Council of Social Work Education (CSWE) yang didirikan 1919. organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan pekerjaan sosial, diantaranya dengan melakukan akreditasi, konferensi tenaga pendidik, mempelopori pengembangan aktivitas profesi, menginisiasi gugus tugas program pendidikan, dan menerbitkan jurnal (Beless, 1995).

Pada periode 1995-2005, profesi pekerjaan sosial di Amerika menempati posisi ke-6 setelah profesi guru, perawat, eksekutif, analis komputer, sopir truck dengan jumlah 187.000 orang. Sedangkan provesi pengacara, menejer keuangan, teknisi komputer, dan akuntan berada setelah pekerjaan sosial dalam sepuluh pekerjaan yang paling diminati di Amerika (Time Magazine, 2005).

Dewasa ini, warga Amerika menyenangi dan banyak mengistimewakan pekerja sosial, karena ketika melihat kesengsaraan-kesengsaraan dan ketidakadilan-ketidakadilan pekerja sosial langsung bertindak, hal ini yang menjadi inspirasi orang lain. Mereka melihat profesi ini banyak mendatangkan manfaat, diantaranya bekerja dengan keluarga dan lembaga, menyuarakan dan melawan pelecehan dan pengabaian. Secara rinci adalah;

  • Melindungi hak-hak warga negara semua orang dengan mengabaikan jenis kelamin, ras, iman, atau orientasi seksual.
  • Para pekerja mengusahakan asuransi pengangguran, jaminan bagi penderita cacat, ganti-rugi dan jaminan sosial pekerja.
  • Merawat dengan ramah para penderita sakit ingatan dan cacat pengembangan.
  • Memberi akses pertolongan dan perawatan kesehatan bagi orang miskin, jompo, dan penderita cacat.
  • Memberi penyadaran pada masyarakat untuk mencegah pelecehan anak dan pengabaian.
  • Perawatan secara berangsur-angsur untuk menghindari kegagalan para pederita sakit ingatan dan korban pelecehan.

 

Para tokoh yang telah berjasa besar pada profesi pekerjaan sosial di Amerika diantaranya Jane Addams (peraih Penghargaan Nobel Perdamaian), Frances Perkins (Menteri wanita pertama), Whitney M.M. Young, Jr. (peraih penghargaan Medal of Freedom), Harry Hopkins (Works Progress Administration), Dorothy Height (National Council of Negro Women), dan Jeanette Rankin (the first woman elected to the U.S. Congress).

Pada 12 November 1998 NASW merayakan hari profesi pekerjaan sosial dan pendidikan pekerjaan sosial yang keseratus atau “Centennial Celebratory Year”. Dari sejarah perkembangan pekerjaan sosial di Amerika yang sudah satu abad lebih (hampir 110 tahun) kita bisa mengambil hikmah pembelajaran. Paling tidak profesi pekerjaan sosial di Indonesia masih membutuhkan usaha keras untuk diakui sebagai profesi, sebagaimana di Amerika yang sudah dimulai pada akhir abad 19, sangatlah wajar profesi ini sudah berada di hati warga Amerika.

 

 

Bahan Bacaan

DuBois, Brenda & Miley, Karla K.  Social Work: An Empowering Profession, Fifth Edition. Boston:  Allyn and Bacon,2005.

http://www.socialworkers.org/profession/centennial/plan.htm “1898, 1898—100 Years of Professional Social Work—1998.

http://www.socialworkers.org/pressroom/features/general/history.asp. Social Work History

http://www.socialworkers.org/profession/centennial/nieves_0398.htm. A Moment In American History.

http://usa.usembassy.de/society-socialsecurity.htm  

One thought on “Sejarah Pekerjaan Sosial Amerika Serikat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s